Materi dan Cara Membuat Iklan Agar dilihat Konsumen


Pengertian Iklan Secara Umum

dalah suatu bentuk informasi yang dilakukan oleh seseorang, instansi/ lembaga, atau perusahaan, yang isinya berupa pesan yang menarik tentang sebuah produk atau jasa yang ditujukan kepada khalayak.

Tujuan Iklan

1.      Memberikan informasi kepada khalayak mengenai suatu produk barang atau jasa, merek, perusahaan, ataupun suatu ide. Iklan menggunakan bahasa persuasif dengan menonjolkan kelebihan produk/ jasa yang ditawarkan.
2.      Mempengaruhi orang lain yang merupakan target market untuk menggunakan dan membeli produk atau jasa yang ditawarkan kepada mereka

Manfaat Iklan

1.      Produk atau jasa yang diiklankan akan dikenal atau lebih terkenal di masyarakat luas.
2.      Konsumen baru semakin bertambah sehingga meningkatkan angka penjualan produk/ jasa yang diiklankan.
3.      Keuntungan pihak pengiklan akan meningkat karena penjualan produk/ jasanya yang diiklankan.
4.      Meningkatkan brand awareness sebuah merek di masyarakat luas sehingga masyarakat mudah mengidentifikasi produknya.

Ciri-Ciri Iklan

1.      Informasi atau pesan disampaikan secara komunikatif dan informatif
2.      Iklan menggunakan kata-kata yang persuasif agar lebih menarik bagi orang lain.
3.      Menggunakan kata-kata (diksi) atau bahasa yang tepat, logis, sopan, dan mudah dimengerti oleh masyarakat atau target market.
4.      Menjelaskan tentang produk/ jasa dan cara kerja produk/ jasa tersebut.

Syarat-Syarat Iklan

1.      Iklan harus bersifat Obyektif, proporsional, dan jujur.
2.      Iklan harus berisi informasi yang jelas, padat, dan mudah dipahami khalayak ramai.
3.      Iklan sebaiknya dikemas sedemikian rupa agar menarik perhatian dan minat masyarakat.
4.      Iklan seharusnya tidak menyinggung, menyakiti, atau merendahkan pihak/ produk lain.

Cara membuat iklan agar menarik konsumen
 1.  Memilih tempat beriklan yang tepat
  2.  Buat judul atau slogan yang unik
  3. Memperhatikan detail desain
 4.   Berikan penawaran yang menarik
  


 Jenis / Macam-Macam Iklan

A. Jenis Iklan Berdasarkan Isi

1. Iklan Pemberitahuan (Pengumuman)

Jenis iklan ini bertujuan untuk menarik perhatian khalayak tertentu melalui sebuah informasi atau pemberitahuan. Contoh iklan pemberitahuan:
·         Iklan berita duka cita
·         Iklan reuni alumni sekolah

2. Iklan Penawaran (Niaga)

Iklan jenis ini bertujuan untuk menawarkan barang atau jasa kepada khalayak ramai. Contoh iklan penawaran:
·         Iklan penawaran barang/ produk, misalnya tas, sepatu, smartphone, dan lain-lain.
·         Iklan penawaran jasa, misalnya jasa kurir, jasa pengobatan alternatif, dan lain-lain.

. Iklan Layanan Masyarkat

Iklan jenis ini bertujuan untuk memberikan informasi dan pencerahan kepada masyarakat tentang suatu isu atau hal tertentu. Iklan layanan masyarakat dibuat oleh lembaga atau instansi pemerintah atau organisasi non-profit.

B. Jenis Iklan Berdasarkan Media yang Dipakai

1. Iklan Cetak

Jenis iklan ini dipasang pada media yang memakai teknik cetak, baik itu berupa laser, sablon, letterpress, dan lain-lain. Contoh iklan cetak sering kita lihat di surat kabar, majalah, tabloid, poster, stiker, dan lain sebagainya.

2. Iklan Elektronik

Jenis iklan ini memanfaatkan media berbasis perangkat elektronik seperti radio, televisi, film, dan media digital interaktif (internet). Berikut adalah beberapa iklan elektronik tersebut:
·     Iklan radio: iklan radio hanya bisa didengarkan saja karena bentuknya hanya suara (audio). Contoh iklan radio adalah Ad-lib, Spot, dan Sponsor Program.
·  Iklan televisi: iklan televisi terdapat unsur suara, gambar, gerak, dan teks, sehingga lebih menarik bagi audiens. Beberapa contoh iklan televisi adalah Live Action, Animation, Stop Action, Musik, Sponsor Program, Running Text, Backdrop, Credit Title, Ad-lib, Promo Ad, dan Superimposed.
· Iklan film: iklan film dapat dilihat ketika kita melihat sebuah film/ cinema. Biasanya iklan tayang sebelum film dimulai dimana bentuk iklan adalah live action, dan endorsment.
·    Iklan media digital interaktif: iklan jenis ini tayang di berbagai media online yang banyak pengunjungnya. Beberapa jenis iklan di media digital diantaranya Banner & Button, Website, Sponsorship, Search Engine Marketing, Email Marketing, Classified Ads, Social Media Marketing, dan lain-lain.
·         Iklan luar ruang: jenis iklan ini adalah iklan elektronik yang berada di luar ruangan dan posisinya terlihat khalayak ramai. Beberapa contoh iklan luar ruang ini adalah iklan transit, mobile billboard, outdoor standar, display, dan lainnya.

C. Jenis Iklan Berdasarkan Tujuannya

Iklan berdasarkan tujuannya dapat dibagi menjadi dua, yaitu iklan komersial dan iklan non-komersial.

1. Iklan Komersial

Tujuan iklan komersial adalah untuk mencari keuntungan ekonomi, atau untuk meningkatkan penjualan. Jenis iklan komersial dapat dibagi tiga, yaitu:
·         Iklan konsumen: ditujukan pada konsumen akhir (end consumer) suatu produk.
·         Iklan Bisnis: ditujukan kepada pihak yang dapat mengolah atau menjual produk yang diiklankan kepada konsumen akhir.
·         Iklan Profesional: ditujukan bagi segmen tertentu, yaitu para profesional.

2. Iklan Non-Komersial

Jenis iklan non-komersial umumnya dibuat untuk tujuan memberikan informasi, ajakan, dan edukasi terhadap masyarakat. Iklan ini tidak untuk mendapatkan keuntungan ekonomi, namun untuk keuntungan sosial bagi semua masyarakat.
Keuntungan yang didapat dari iklan tersebut adalah adanya pengetahuan, kesadaran, sikap, dan perubahan perilaku masyarakat terhadap isu yang diiklankan. Contoh iklan masyarkat misalnya kampanye Keluarga Berencana, iklan pentingnya pendidikan, iklan bahaya rokok, iklan global warming, iklan bahaya demam berdarah, dan lain-lain.


Comments

Popular Posts